#Review Berani menulis Berani mengungkapkan pikiran

by - July 02, 2015

Apa kabar ?


Sudah memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadhan. Semoga tetap semangat. Tetap sehat dan tetap bahagia.

Hari ini saya sedang berjalan-jalan menuju salah satu blog di sebuah perkumpulan emak-emak di Group Facebook. Untuk sesaat saya menjatuhkan pilihan pada salah satu blog yang sudah sering wara-wiri di Group dengan postingannya yang rutin. Ada postingan review, tentang kehidupan pribadinya juga tentang pendapatnya.

Tapi, sebelumnya sempat heboh ketika ada juga kehebohan terkait "Kopdar Poligami". Beliau menuliskannya di blog, dan ramai oleh banyaknya pendapat yang ingin ikut serta menjelaskan atau sekadar mengajukan ketidak setujuannya, dan banyak yang ikut berkomentar.



Kalau dilihat pertama kali, blog yang templatenya sangat sederhana ini, tapi tidak mengurangi ke-elegan-annya, juga tidak lama dalam memuat halaman websitenya, saya kemudian teringat dengan gembar gembor tentang kopdar tersebut.

Beliau menuliskan apa yang menjadi pemikirannya. Meski banyak juga yang ikut nimbrung memberikan pendapat, tapi bagusnya, beliau tetap bisa mempertahankan pendapatnya, tidak kemudian membiarkan para 'tamu' yang datang ke 'rumah'nya merasa seperti ditinggalkan begitu saja. Seakan dibiarkan berpendapat 'karepmu ndewe, aku ra ikut-ikut' , tapi justru di tanggapi dengan baik, meski berbeda pendapat.

Memang, saya pribadi kalau melihat ini juga merasa 'gimana gitu'. Tapi, pendapat saya hanya sampai di sini, hanya sampai pada titik tidak mau. 

Tapi, beliau menuliskan pengalaman yang dilihatnya melalui televisi. Tentang bagaimana perempuan Indonesia masih banyak yang belum berani untuk mengatakan tidak, jika merak tidak setuju. Tapi, kalau memang mereka sudah setuju, itu akan berbeda pandangan. Hanya saja, sepertinya budaya kita, membuat perempuan untuk tetap tunduk dan patuh meski hatinya berlawanan. Setidaknya dalam islam sendiri perempuan itu sangat dilindungi. Jadi, saya yakin tidak seperti ini caranya.

Namun, siapa saya yang berani berpendapat seperti itu? Siapa saya yang bahkan belum berilmu, sama sekali belum ada ilmu yang mumpuni untuk berpendapat demikian. Tapi, saya pribadi juga ikut ingin mengajukan sedikit saja pendapat, sedikit saja, dan semoga tidak menimbulkan fitnah.

Terlepas dari postingan kontroversi seperti ini, bagi saya memang sudah sepatutnya untuk berani dalam mempertanggung jawabkan tulisan. Agar tidak terjadi kecenderungan orang lain untuk ghibah dan menjatuhkan.

Salut untuk Mak http://atemalem.com yang sudah berani menulis perihal tema yang kontroversi seperti ini.


Salam,

Let's Review

You May Also Like

0 comments