#ReviewBlog Tidak ada perjuangan yang sia-sia

by - June 15, 2015

Ada banyak hal yang gratis di dunia ini, namun untuk mendapatkannya dibutuhkan usaha yang keras. Atau pengorbanan yang layak demi satu hal, keberhasilan atau kesuksesan dalam memanfaatkan hal yang gratis itu tadi. Salah satunya ilmu, sekian banyaknya ilmu yang tersedia dan dibagikan oleh orang-orang berpengalaman, hanya ada beberapa yang bisa dipraktekkan dengan baik oleh beberapa bagian orang. Kenapa? Karena beberapa bagian ini mendapatkannya dengan penuh perjuangan dan usaha yang keras.


Kalau mendapatkannya tanpa usaha, apakah kemudian lantas menjadi tidak bermanfaat? 

Bukan, tapi biasanya, manusia akan mudah lupa pada sesuatu yang mudah dicapai, mudah di dapat dan menjadikannya barang yang murahan karena tahu akan mudah lagi dia dapat setelah melupakannya. Sehingga akan terlalu banyak 'alasan' untuk tidak mempraktekannya.

Dari seorang blogger, bernama Della yang termasuk salah satu anggota Komunitas Emak Blogger. Dia menceritakan bagaimana perjuangannya untuk mengikuti kelas menulis bersama Jia Effendi, penulis favoritnya. Berangkat sendiri ke Bandung, dengan doa dan harapan agar apa yang tengah menjadi kebimbangannya mendapat jawaban yang terbaik.




Tuhan mengabulkan apa yang menjadi keresahannya, bertemu langsung dengan Jia Effendi, kemudian belajar atau menimba ilmu secara langsung bersama dengannya. Apalagi, dalam sesi kelas menulis tersebut, dia langsung diminta bersama teman lainnya untuk membuat sebuah outline. Sesuai dengan yang dia sedang hadapi. Begitulah jalan kehidupan, ada yang beruntung bisa mendapatkan jalan dengan mudah namun dengan upaya yang keras pula.

Mungkin, ini patut dicontoh, bahwasannya ide akan sulit dilihat hasilnya tanpa sebuah praktek. Tanpa mencoba dan terus mencoba, karena kehidupan senantiasa berisi tentang pelajaran yang diulang-ulang agar berhasil suatu saat nanti.

Melalui tulisannya di sini , saya sudah melihat bahwa Della akhirnya mendapatkan apa yang tengah dia hadapi, mendapatkan apa yang menjadi impiannya juga. Karena Della dare to dream !!


Kalau kalian, beranikah memimpikan impian kalian hingga bisa menjadi nyata ??





** Review ini saya tulis demi melatih tulisan saya terkait banyak hal yang saya lihat. Juga agar saya semangat dalam berbagi. Apalagi dalam rangka membuat proyek pribadi, yaitu mereview blog-blog yang saya kunjungi. Semoga diberi kemudahan. Amiiin**




You May Also Like

0 comments